Grader atau mesin perata, biasa juga disebut sebagai perata jalan atau motor perata, adalah mesin konstruksi dengan bilah panjang yang digunakan untuk membuat permukaan yang rata selama proses perataan.

Sebagian besar grader modern memiliki mesin yang dikenal sebagai “motor grader”. Model tipikal memiliki tiga gandar, dengan mesin dan kabin terletak di atas gandar belakang di salah satu ujung kendaraan dan gandar ketiga di ujung depan kendaraan, dengan bilah di antaranya.

Sebagian besar motor grader menggerakkan as roda belakang bersama-sama, tetapi beberapa juga menambahkan penggerak roda depan untuk meningkatkan kemampuan.

Kapasitas berkisar dari lebar blade 2,50 hingga 7,30 m (8 hingga 24 kaki) dan engine dari 93–373 kW (125–500 hp). Beberapa grader dapat mengoperasikan beberapa attachment berupa ripper, scarifier, blade, atau compactor, atau dirancang untuk tugas khusus seperti penambangan bawah tanah.

Dalam teknik sipil, tujuan grader adalah untuk memperbaiki atau mengatur dengan tepat. Sudut, kemiringan (atau nada) dan ketinggian blade grader dapat disesuaikan untuk mencapai perataan permukaan yang presisi. “Grading kasar” dilakukan oleh alat berat atau kendaraan teknik seperti pencakar dan buldoser .

Grader umumnya digunakan dalam konstruksi dan pemeliharaan jalan tanah dan jalan kerikil . Dalam pembangunan jalan beraspal, mereka digunakan untuk menyiapkan landasan untuk membuat permukaan rata yang luas tempat meletakkan permukaan jalan . Grader juga digunakan untuk mengatur tanah asli atau alas pondasi kerikil untuk menyelesaikan kelas sebelum konstruksi bangunan besar. Grader dapat menghasilkan permukaan miring, untuk memberikan cant (camber atau lereng samping) ke jalan. Di beberapa negara mereka digunakan untuk menghasilkan parit drainase dengan penampang berbentuk V dangkal di kedua sisi jalan raya.

Kemudi untuk motor grader biasanya dicapai melalui roda kemudi atau joystick mengendalikan sudut roda depan, tetapi banyak model juga memungkinkan artikulasi bingkai antara as roda depan dan belakang, yang memungkinkan radius putar yang lebih kecil selain memungkinkan operator untuk menyesuaikan sudut artikulasi untuk membantu dalam efisiensi bahan bergerak. Fungsi implement lainnya biasanya bertenaga hidrolik, dan dapat dikontrol secara langsung oleh tuas, atau dengan input joystick atau sakelar elektronik yang mengontrol katup servo Elektrohidraulik.

[Sumber: WIKIPEDIA]